Minggu, 24 April 2016

Senpi Seharga Rp70 Juta Milik Polres Langkat Hilang


Polri (Foto: Ilustrasi)


http://www.poker012.com/MEDAN - Sepucuk senjata api (senpi) laras panjang jenis SS1V2 dan satu paket magasin (peluru) inventaris Polres Langkat hilang. Kini, senjata api itu tidak tahu di mana keberadaannya.
Informasi yang diterima, Minggu (24/4/2016), seorang personel polisi yang sudah meninggal dunia, berinisial Briptu PN Briptu (Patar Nainggolan) sempat diduga sebagai orang yang menghilangkan senpi yang harganya mencapai Rp70 juta tersebut.
Kini, sebuah surat dari Polda Sumut bernomor K/144/PH/III/2016/Bidkum yang ditujukan kepada kapolres langkat AKBP Dwi Asmoro membuka bahwa pelaku hilangnya senpi itu diduga adalah AKP NS (Nurdin Sitepu), sewaktu dia menjabat sebagai Kasubbag Sarpras Mapolres Langkat.
AKP NS yang kini adalah perwira menengah (pama) di Mapolres Langkat itu sebelumnya juga pernah dinyatakan sebagai perwira yang ikut menganiaya perwira polisi Polda Sumut AKP (Purn) Dahlan Ginting dan dia dihukum satu tahun akibat perbuatannya.
Dalam surat yang diberikan kepada Kapolres Langkat itu disebutkan posisi kasus terjadi bahwa pada saat AKP NS menjabat sebagai Kasubag Sarpras, dia tidak melakukan pengawasan atau pengecekan terhadap senpi yang dipinjamkan kepada Alm Briptu PN yang diperintahkan untuk melaksanakan patroli di areal PTPN 2 Kebun Sawit Seberang.
Namun anehnya, petugas tidak memasukkan senpi yang dipinjamkan kepada Briptu PN, tidak dimasukkan ke buku register penyerahan senpi. Kemudian, sangat disayangkan kalau AKP NS mengaku tidak tahu, kalau Alm Briptu PN sudah dipindah tugaskan ke Polres Nias pada 2013.
Akibatnya, AKP NS diduga melanggar disiplin Polri dalam Pasal 4 Huruf d dan n PP RI Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri.
Selain itu, AKP NS yang tidak menarik senjata dari anggota kepolisian dinilai melanggar Pasal 7 Huruf c Peraturan Kapolri (Perkap) No 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polisi.
Sementara, Kapolres Langkat AKBP Dwi Asmoro SIK enggan menjawab pertanyaan wartawan mengenai hilangnya senjata laras panjang inventaris Polres Langkat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar